Selasa, 28 Februari 2012

LAPORAN MAGANG DI KOPRIM BPA


LAPORAN
PRAKTEK PENGALAMAN MANDIRI
PRIMER KOPERASI BHAKTI PERTIWI ABADI
Jalan Gorda No. 14A Rt :010/006, Kel Lubang  Buaya, Cipayung Jakarta Timur 13810
Telp, (Office) 021-87784090, Fax, : 021-87783997























Oleh
MOH KHOIRI
(1110034000116)















Prodi Tafsir Hadits
FAKULTAS USHULUDDIN DAN FILSAFAT
UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
2012

KATA PENGENTAR
            Segala puja dan puji syukur selalu tercurahkan kehadirat Allah SWT. Yang telah memberikan kenikmatan, kesehatan serta hidayah dan inayahnya kepada kita semua. Sholawat beserta salam selalu tercurahkan kepada junjungan kita Nabi agung Muhammad SAW. Yang selalu kita nanti-nantikan syafaatnya kelak diyaumil qiyamah nanti, dan semoga kita semua termasuk golongan dari umat beliau yang kelak akan mendapatkan syafaatnya di yaumil qiyamah nanti, Amien.
            Rasa terimakasih saya ucapkan kepada Bapak Dr. Abdullah Fathoni Ridwan, MM. selaku ketua pengurus sekaligus pemilik Primer Koperasi Bhakti Pertiwi Abadi. (PRIMKOP BPA). Yang telah menerima saya dengan sangat baik, baik di koperasi tempat saya magang, maupun ditempat peristirahatan(MESS) yang beliau miliki. Tak lupa kepada segenap karyawan PRIMKOP BPA yang telah banyak membantu saya dalam melakukan magang di koperasi ini saya ucapkan banyak terima kasih. Sebagai tindak lanjut dari kegiatan magang di PRIMKOP BPA, saya juga memohon kepada ketua pengurus untuk bimbingan lanjutan, agar kedepannya pengalaman magang di koperasi ini bisa saya jadikan pijakan untuk kehidupan saya di kemudian hari, terutama perihal perekonomian.
            Ucapan terimakasih tak lupa saya sampaikan kepada segenap staff, karyawan, dan karyawati KOPRIM BPA, baik yang ada di unit simpan pinjam, unit jasa keuangan syari’ah(UJKS), maupun di koperasimart(KOPMART). Karena telah banyak membantu saya selama magang disini.
            Harapan saya, semoga kegiatan magang saya di KOPRIM BPA, dan juga di tempat peristirahatan(MESS) akan menjadikan pengalaman yang berharga, yang sekaligus sebagai guru terbaik bagi kehidupan dan pendidikan saya kelak.
            Terakhir, saya mohon ma’af apabila dalam laporan ini masih terdapat banyak kesalahan dan kekuranga, kritik dan saran yang membangun dari semua staff dan karyawan sangat saya harapkan sebagai bahan evaluasi saya dikemudian hari.

                                                                                                            Jakarta, 01 Maret 2012.


                                                                                                               MOH KHOIRI.

1.


BIODATA DIRI
Nama                                                   :MOH KHOIRI
Alamat                                    :Jln. Kemital Blok E/125. Komp Perum Ciputat Baru,                                                               Ciputat Tangsel.
Tempat tangal Lahir                              :Pati, 30 Oktober 1991
Pekerjaan                                             :Mahasiswa
No Hp                                                 :0852 9188 8197
E-mail                                                  :mohkhoiri82@yahoo.co.id
Twiter                                                  :@khoiri
Bloog                                                   :httpkhoiriblogspotcom.blogspot.com
Jenis kelamin                                        :laki-laki






















2.

DAFTAR ISI:
  1. Kata Pengantar                                                                                     001.
  2. Biodata diri                                                                                           002.
  3. Daftar isi                                                                                               003.
  4. Profil Koperasi dan Histori PRIMKOP BPA                                        004.
  5. Visi Misi Koperasi dan Nilai Nilai Budaya Organisasi                           005.
  6. Unit usaha KOPRIM BPA                                                                   006.
  7. Unit usaha KOPRIM BPA                                                                   007.
  8. Unit usaha KOPRIM BPA                                                                   008.
  9. Unit usaha KOPRIM BPA                                                                   009.
  10. Rincian KOPRIM BPA dan KOPMART                                             010.
  11. Hubungan Internal dan eksternal                                                           011.
  12. Pengalaman Magang                                                                            012.
    1. Penutup                                                                                     013.



















3


PROFIL KOPERASI
1. NAMA                    :KOPERASI PRIMER BHAKTI PERTIWI ABADI
2. BADAN HUKUM   :NOMER 814/BH/MENEG.I/XI/2008.
3. ALAMAT                :Jalan Gorda No, 14 A RT :010/006. Kel. Lubang Buaya, Kec. Cipayung,                                            Jaktim.
4. NO TELEPON        :(021)877 840 90 Fax (021) 877 839 97.
5. JUM ANGGOTA    :505 anggota (data 12 Februari 2012).
6. JUMLAH ASET      :RP. :Rp. 13.328.111.455.97
8. PENGURUS            :
                                    Ketua               :Dr. Abdullah Fathoni Ridwan, MM.
                                    Sekretaris         :Sugio
                                    Bendahara        :Hariati, Amd.
9. UNIT-UNIT USAHA:        
                                    1. Simpan Pinjam
                                    2. Unit jasa Keuangan Syari’ah(UJKS).
                                    3. KB/TK Shaft Dirgantara
                                    4. Koperasi Mart
                                                a. Cabang Gorda(jakarta).
                                                b. Cabang Sembayat
                                                c. Cabang Gresik
                                                d. Cabang Yogyakarta.

Koperasi Primer Bhakti Pertiwi Abadi atau KOPRIM BPA adalah salah satu Koperasi yang dibentuk dalam rangka mewujudkan cita-cita nasional. Koperasi yang beralamat di jalan Gorda No. 14A. Lubang Buaya Cipayung Jakarta Timur, dan berdiri pada tanggal 28 Agustus 2007 ini mempunyai semboyan “Dengan kebersamaan kita bangun ekonomi kerakyatan”.
            KOPRIM BPA mempunyai core business koperasi simpan pinjam dan mempunyai beberapa unit usaha antara lain; bidang pembiayaan syariah, bidang pendidikan, sector rill/mini market dan konsultan koperasi, yang semuanya bertujuan untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan


PERUSAHAAN:
            SIUP  Nomor   :2590/13-1.824.51 tanggal 11 Maret 2009.
            TDP Nomor     :0904.51.00768 tanggal 06 April 2009.
            NPWP             :02.748.8618.009.000
4.


VISI - MISI KOPRIM BPA
VISI
“ Meningkatkan kesejahteraan anggota koperasi dan masyarakat agar menjadi insan mandiri dengan kehidupan perekonomian yang lebih maju”
MISI
1.      Meningkatkan usaha dan perekonomian anggota koperasi.
2.      Memenuhi kebutuhan anggota koperasi dan masyarakat.
3.      Mendukung pertumbuhan perekonomian nasional.
UNIT-UNIT KOPRIM BPA
1.      UNIT SIMPAN PINJAM
Unit simpan pinjam ini adalah salah satu unit usaha yang ada di KOPRIM BPA,. unit simpan pinjam yang berada di kantor  pusat KOPRIM BPA, yang beralamat di jalan Gorda No. 14 A RT:010/006, Lubang Buaya, Cipayung Jakarta Timur. Saat ini telah memiliki asset kurang lebih sebesar Rp. 13 Milyar dan mempunyai anggota sebanyak 505 orang, dengan segmen anggota koperasi seperti TNI/Polri, PNS/Swasta, pelaku UMKN, dll.
Unit simpan pinjam ini memberikan pinjaman antara Rp.1 juta s/d Rp. 50 juta kepada para anggotanya. Dan untuk kedepannya, guna untuk memperluas jaringan dan kemitraan usaha dan anggotanya unit simpan pinjam ini akan membuka cabang dibeberapa tempat, diantaranya di Solo, Purbalingga, dan Yogyakarta. Dengan dibukannya beberapa cabang tersebut, diharapkan kedepannya KOPRIM BPA dapat mewujutkan visinya yaitu “meningkatkan kesejahteraaan anggota koperasi dan masyarakat agar menjadi insan mandiri dengan kehidupan perekonomian yang lebih maju”.
Selain itu, KOPRIM BPA juga memiliki semboyan yaitu “Dengan Kebersamaan Kita Bagun Ekonomi Kerakyatan”. Dengan semboyan tersebut, KOPRIM BPA berusaha membangun ekonomi kerakyatan yang kompetitif yang dapat bersaing dengan perekonomian nasional, yaitu dengan unit-unit usaha yang ada di KOPRIM BPA, yang salah satunya adalah  unit simpan pinjam.





5.


Diantara beberapa produk dari Unit Simpan Pinjam adalah:
  1. Simpanan pokok.
Yaitu simpanan yang dibayar dimuka saat menjadi anggota, besar simpanan tersebut adalah Rp. 120.000,-
  1. Simpanan Wajib.
Yaitu simpanan yang dibayar setiap bulan, besar simpanan tersebut adalah Rp. 20.000,-. Simpanan ini dibayar selama menjadi anggota koperasi.
  1. Simpanan sukarela.
Yaitu tabungan anggota koperasi, yang diberikan jasa sebesar 0,5% per bulan atau 6% per tahun dari saldo tabungan.
  1. Simpanan Calon Anggota.
Yaitu simpanan yang disetor anggota koperasi pada saat menjadi/mendaftar sebagai anggota koperasi. Besarnya simpanan yaitu, simpanan pokok Rp. 30.000,-dan simpanan wajib sebesar Rp. 5000,-/bulan.
  1. Simpanan Tabungan/harapan.
Yaitu simpanan yang disetor oleh anggota koperasi kepada pengurus yang tidak ditentukan besar nominalnya. Dan simpanan ini dapat diambil setiap saat oleh anggota koperasi, dengan dikenakan jasa sebesar 8% pa.
  1. Deposito Prima.
Yaitu simpanan yang disetor anggota kepada pengurus sebagai deposito, dengan nominal Rp. 2000.000,-(maks) dengan jasa 12% pa. dengan jangka waktu pengambilan minimal 3 bulan.
  1. Pinjaman kesehatan.
Yaitu pinjaman yang diberikan kepada anggota koperasi dan keluarganya yang dirawat dirumah sakit. Besarnya pinjaman terebut sekitar Rp. 5000.000,- dengan jasa 1.7% perbulan, dan jangka waktu 10 s/d 12 bulan.
  1. Pinjaman pendidikan.
Yaitu pinjaman yang diberikan kepada anggota koperasi dan keluarganya untuk pendidikan SD s/d PT. dengan besar pinjaman Rp. 3000.000,-s/d Rp. 7000.000,-dengan jasa 1.7% perbulan. dan jangka waktu 10 s/d 12 bulan.

6.



  1. Pinjaman Reguler.
Yaitu pinjaman biasa yang diberikan kepada anggota koperasi. Besarnya pinjaman tersebut Rp.1000.000,-s/d 10.000.000,-, dengan jasa 1.7-2% perbulan Dan jangka waktu 10 s/d 30 bulan.
  1. Pinjaman Pengembangan usaha.
Yaitu pinjaman yang diberikan kepada anggota koperasi untuk wirausaha atau modal kerja. Besarnya pinjaman tersebut, Rp. 1000.000,- s/d Rp. 10.000.000,-, dengan jasa 1,7-2% perbulan flat, dan jangka waktu maksimal 20 bulan.
  1. Pinjaman Investasi .
Yaitu pinjaman dengan agunan/jaminan sebesar Rp. 16.000.000,-s/d Rp. 50.000.000,- dengan jasa 2,5% perbulan, dan jangka waktu maksimal 36 bulan.
  1. Pinjaman Retail.
Yaitu pinjaman minimal Rp, 1.000.000,- dengan jangka waktu 3 bulan dan pembayaran angsuran harian/mingguan dengan jasa 3,5% perbulan.
  1. Pinjaman pegawai umum.
Yaitu pinjaman minimal Rp. 1.000.000,- s/d Rp. 10.000.000,-dengan angsuran perbulan, dan jasa 1,7-2% perbulan.

UNIT JASA KEUANGAN SYARIAH(UJKS)
Unit Jasa Keuangan Syariah yang selanjutnya disebut UJKS adalah unit koperasi yang bergerak dibidang uhasa pembiayaan, investasi, simpanan dengan pola bagi hasil(syari’ah) sebagai bagian dari kegiatan Primer Koperasi Bhakti Pertiwi Abadi (PRIMKOP BPA).
Pembiayaan UJKS diperuntukan kepada anggota dan calon anggota koperasi Bhakti Pertiwi Abadi yang memiliki usaha yang  produktif. Koperasi Bhakti Pertiwi Abadi, sebagai pemilik dana(Shahibul Maal) membiayai 100% kebutuhan suatu usaha, sedangkan anggota dan calon anggota bertindak sebagai pengelola usaha(Mudharib).





7.



Jenis-Jenis Pembiayaan UJKS diantaranya adalah:
1.      Pembiayaan Murabahah.
2.      Pembiayaan Mudharabah
3.      Pembiayaan Musyarakah dan
4.      Wadiah.
Jumlah pinjaman serta jangka waktu:
1.      Pinjaman Rp. 1.000.000,-s/d Rp. 6.000.000,- Jangka waktu 3 bulan
2.      Pinjaman >Rp.6.000.000,- s/d Rp. 10.000.000,- Jangka waktu 6 bulan.
Jaminan Pembiayaan
1.      Pembiayaan Rp. 500.000.-s/d Rp. 1.000.000,- (tidak ada jaminan).
2.      Pembiayaan >Rp.2000.000,-s/d Rp. 10.000.000,-(ada jaminan).
Jasa pinjaman dan nisbah bagi hasil(Basil)
1.      Jaminan pembiayaan adalah sebesar 4%(empat persen).
2.      Nisbah Sebesar
-40 %(empat puluh persen) untuk koperasi (shohibul maal).
-60%(enam puluh persen) untuk anggota dan calon anggota(Mudharib).
UNIT KOPERASI MART.
Koperasi mart adalah mini market yang mengusung cita-cita “kepemilikan mini market untuk rakyat” dimana mini market yang ada sekarang semakin menggurita dan melemahkan pedagang-pedagang kecil dan tokok-toko kelontong. Dengan misi persaingan yang sehat, Koperasi Mart berusaha memberikan layanan yang terbaik kepada para pelanggannya, dengan memberikan pelayanan terbaik dengan harga yang kompetitif, sehingga semakin banyak masyarakat yang ingin menjadi anggota koperasi.
Unit koperasi yang sudah dibuka diantaranya adalah:
1.      Koperasi Mart Gorda Jakarta.
2.      Koperasi Mart Sembayat.
3.      Koperasi Pangkah Gersik.
4.      Dan Koperasi Mart Raicha Yogyakarta.    




8.

Untuk kedepannya, Koperasi Mart akan membuka cabang di beberapa tempat, diantaranya adalah cabang di Jabodetabek dan 4 cabang di Solo, Purbalingga dan Surabaya.
Selain itu, KOPRIM BPA juga telah menjalin kerjasama dengan Koperasi (Purn) pegawai BNI dalam bentuk Koperasi Swadarma Mart yang beralamat di jalan Saharjo No. 124.

UNIT KB/TK SHAFT DIRGANTARA.
Pendidikan merupakan investasi masa deepan, guna untuk mempersiapkan generasi penerus yang Shidiq, Amanah, dan Fathonah,(SHAFT) sehingga kedepannya mampu menjadi pemimpin yang dapat meneladani akhlak-akhlak Nabi Muhammad SAW.
Menyadari pentingnya pendidikan sejak usia dini, sehingga  KOPRIM BPA  dalam salah satu unitnya telah membuka sekolah yang diawali dengan Play Group/Taman Bermain dan Kindergarten/TK dilingkungan masyarakat sekitar Koperasi. Saat ini, KB TK SHAFT DIRGANTARA telah memiliki siswa sebanyak 79 siswa yang berasal dari putra-putri anggota koperasi dan masyarakat sekitar.
Profil KB/TK SHAFT DIRGANTARA.
1.      KB/TK SHAFT DIRGANTARA didirikan dengan izin penyelenggaraan pendidikan Dasar Kota Administrasi Jakarta Timur nomor:1028/1.851.2.027 tanggal 1 september 2010.
2.      Jumlah kelulusan.
KB/TK SHAFT DIRGANTARA saat ini telah melulusan kurang lebih  75 siswa yang terdiri atas 3 angkatan yaitu:
-         Angkatan I th 2007-2008 sebanyak 13 siswa.
-         Angkatan II th 2008-2009 sebanyak 54 siswa.
-         Angkatan III th 2009-2010 sebanyak 28 siswa








9.


RINCIAN PRIMKOP BPA
·        Jumlah Asset                            :Rp. 13.328.111.455.97
·        Jumlah Anggota                        :504 Orang
·        Total SHU berjalan                   :16.381.181.21
·        Jumlah Karyawan KBPA:
·                    Ketua                                       : 1 Orang
·                    Sekretaris                                 : 1 Orang
·                    Bendahara                                : 1 Orang
·        Karyawan KBPA                                 : 14 Orang
·        Karyawan Kopmart Gorda                   : 7 Orang
·        Karyawan TK SHAFT Dirgantara        : 8 Orang
·        Karyawan Kopmart Sembayat  : 6 Orang
·        Karyawan Kopmart Gresik                   : 6 Orang
·        Jumlah Cabang Kopmart:
·                    1. Kopmart Sembayat.
·                    2. Kopmart Gresik
·        Cabang yang akan dibuka:
·                    1. Simpan Pinjam:Solo, Purbalingga, dan Yogyakarta
·                    2. Kopmart: Jabodetabek dan 4 (empat) cabang di Solo.
·                    3. Pegadaian Syari’ah di Solo.

TEKHNIK KERJA PRIMKOP BPA
            Menejerial kerja PRIMKOP BPA memiliki beberapa nilai budaya organisasi yang harus dimiliki oleh semua pegawainya antara lain:
·        Jujur.
·        Adil.
·        Profesional.
·        Kerja cerdas.
·        Memiliki kepekaan terhadap lingkungan.
·        Mentati norma Sosial, Agama, Hukum, dan kesusilaan.
10.



HUBUNGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL
            Dengan jumlah keseluruhan karyawan KOPRIM BPA ada sekitar 24 orang karyawan. Baik yang ada di unit Simpan Pinjam, UJKS(unit jasa keuangan syariah), maupun yang ada di koperasi mart, Hubungan antar karyawan KOPRIM BPA bisa dibilang harmonis, Suasana kekeluargaan antar sesama karyawan terjalin dengan harmonis, selaras dan berkesinambungan, meskipun kadang kala ada sedikit permasalahan, namun hal tersebut adalah suatu hal yang wajar yang ada dikalangan karyawan dan perusahaan.
            Selain hubungan internal seperti yang telah disebutkan di atas, KOPRIM BPA juga menjalin hubungan yang baik kepada para anggotanya maupun masyarakat umum yang ada dilinggkungan sekitar koperasi. Disamping itu, hubungan kelembagaan juga telah dijalin dengan baik kepada lembaga-lembaga lain, seperti DEKOPINWIL dan DEKOPIN DKI pusat. Hubungan yang terjalin sudah cukup baik dan lama ini diharapkan akan menjadi mobilitas KOPRIM BPA untuk lebih mengembangkan usaha-usahanya demi kesejehteraan para anggotanya pada khususnya dan semua masyarakat pada umumnya.
SARAN-SARAN UNTUK KOPRIM BPA dan UNIT KOPMART
1.      Menambah, menjalin, serta mengembangkan jaringan kerja sama dengan perusahaan, lembaga, instansi, organisasi dan lain-lain, melalui PRIMKOP BPA, sehingga ada akses lebih mudah untuk menyejahterakan  serta mengontrol  para anggota dan calon anggotanya.
2.      Mengenalkan kepada para anggota dan calon anggota koperasi perihal kekoprasian, dan menejerial kerja PRIMKOP BPA.
3.      Adakan pelatihan keorganisasian kepada para anggota dan calon anggota KOPRIM BPA.
4.      Mengadakan undian bulanan kepada para anggota dan calon anggota KOPRIM BPA.
5.      Menambah jumlah barang, serta mendesain tata ruang kopmart sehingga tampil lebih menarik dan mempunyai nilai jual yang tinggi, sehingga para konsumen akan lebih tertarik untuk berbelanja di kopmart.
6.      Mengadakan undian setiap bulannya atau minimal setiap akhir tahun, sehingga pencitraan kopmart akan mempunyai nilai tersendiri bagi masyarakat sekitar koperasi, yang pada akhirnya menjadikan minat para konsumen untuk berbelanja di kopmart.


11.



PENGALAMAN MAGANG.
            Saya memulai kegiatan magang di KOP MART sebagai pramuniaga atau kasir, kegiatan di KOP MART saya jalani kurang lebih selama 3 minggu. Dalam menjalani rutinitas tersebut, saya mendapatkan pengalaman langsung sebagai berikut:
1.      Menjual barang kepada konsumen.
2.      Menggunakan progam tranding untuk kasir.
3.      Merapikan barang-barang penjualan.
4.      Perhitungan setiap ganti Shift.
5.      Suplai barang.
6.      Terima barang dari suplaiyer.
7.      Menjaga jumlah stok setiap barang.
Dalam mengisi rutinitas yang saya jalani setiap harinya, selain sebagai kasir atau pramuniaga dalam melayani konsumen , saya lebih banyak menghabiskan waktu saya untuk mengetahui lebih banyak tentang KOPRIM BPA, dengan banyak bertanya kepada para karyawan yang lebih mengetahui banyak hal tentang KOPRIM BPA.
Setelah selesai menjalani rutinitas di KOP MART sebagai pramuniaga, kemudian saya pindah di KOPRIM BPA, dengan tugas awal menemani penagihan kerumah debitur secara langsung. Setelah selesai menemani penagihan kerumah debitur, saya mendapatkan tugas untuk menginput data debitur ke dalam computer, dan kegiatan ini saya lakukan setiap harinya. Sambil mengisi kekosongan saat magang, saya lebih banyak melihat-lihat dokumen KOPRIM BPA, sambil bertanya kepada karyawan mengenai KOPRIM BPA.
Dalam menjalani rutinitas magang saya di KOPRIM BPA, saya mendapatkan banyak pengalaman langsung, yang mungkin pengalaman tersebut hanya bisa didapatkan dalam kegiatan magang di KOPRIM BPA, diantara pengalaman langsung yang saya dapatkan adalah;
1.      Menemani penagihan kerumah para debitur.
2.      Memasukan data penagihan dari debitur kedalam computer.
3.      Mengetaui lebih banyak tengtang  KOPRIM BPA, diantaranya:
a.       Profil KOPRIM BPA.
b.      Unit usaha KOPRIM BPA.
c.       Rincian KOPRIM BPA.
d.      Laporan laba rugi KOPRIM BPA.


12.

4.      Mengetahui sistem bagi hasil dari KOPRIM BPA.
5.      Mengetahui asset kekayaan dari KOPRIM BPA.
      Itulah diantara pengalaman langsung yang saya dapatkan selama magang di KOPRIM BPA, dan tentunya masih banyak lagi pengalaman yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. 



PENUTUP
            Demikianlah yang dapat saya sampaikan, tentunya dalam melakukan magang baik di koperasi dan di unit kopmart terdapat banyak kesalahan dan kehilafan baik yang disengaja maupun tidak disengaja, saya mohon ma’af. Dan semoga apa yang telah saya dapatkan selama magang di KOPRIM BPA akan menjadi pengalaman yang berharga bagi kehidupan saya kelak, dan bisa menjadi pijakan saya dalam menentukan mengaarungi kehidupan serta tantangan yang harus saya lalaui.
Tentunya dalam tulisan ini masih terdapat banyak kesalahan dalam penyajiannya, dari itu penulis harapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca yang budiman demi perbaikan makalah ini.
Harapan saya, semoga kegiatan magang saya di KOPRIM BPA, dan juga di tempat peristirahatan(MESS) akan menjadikan pengalaman yang berharga, yang sekaligus sebagai guru terbaik bagi kehidupan dan pendidikan saya kelak.
            Terakhir, saya mohon ma’af apabila dalam laporan ini masih terdapat banyak kesalahan dan kekurangan, kritik dan saran yang membangun dari semua staff dan karyawan sangat saya harapkan sebagai bahan evaluasi saya dikemudian hari.


                                                                                                            Jakarta, 01 Maret 2012.


                                                                                                            MOH KHOIRI.

13.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar